Call Us Today! +6222-7796329|atjatinangor@gmail.com

Eka Setiawan Dilantik Menjadi Bupati Sumedang – atJatinangor.com

You are here:///Eka Setiawan Dilantik Menjadi Bupati Sumedang – atJatinangor.com

Eka Setiawan Dilantik Menjadi Bupati Sumedang – atJatinangor.com


image

BANDUNG – Seusai Eka Setiawan dilantik menjadi Bupati Sumedang definitif, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap  roda pemerintahan di Pemkab Sumedang bisa berjalan lancar dan kondusif.

Bahkan, Aher berharap segera terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 

Berupa Sumedang Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri dan Agamis (Senyum Manis).

“Apresiasi terhadap pencapaian kinerja Pemkab Sumedang dalam  merealisaiskan belanja daerah pada tahun anggaran 2015 dengan capaian diatas 90 persen,” katanya pada saat melantik Eka Setiawan menjadi Bupati Sumedang sisa masa jabatan 2013 – 2016 di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (12/7) siang.

Dikatakan, pencapaian itu menjadi salah satu indikator bahwa pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan telah berjalan dengan optimal, efektif dan tepat sasaran.

“Apresiasi juga, bahwa dalam laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD 2016, Sumedang pun meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Bahkan,  opini WTP pun sudah diraih   untuk kedua kalinya atau berturut-turut,” tuturnya.

 

Aher mengatakan, pencapaian tersebut harus menjadi cermin peningkatan kinerja dan pengelolaan keuangan daerah yang wajar dan berkualitas.

“Tanpa menyampingkan hasil kerja keras serta prestasi yang sudah diraih, segenap steakholder pembangunan tahun ini pun Sumedang telah berusia  438 tahun,” katanya.

Ia  menyampaikan catatan yang perlu meraih prioritas bupati serta jajaran semua aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Sumedang untuk, pertama bisa meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM).

“IPM tersebut diantaranya mencakup pendidikan, kesehatan, dan daya beli,” ucapnya.

Bahkan, Aher berharap agar penguatan infrastruktur hingga ke daerah-daerah di pedesaan dan perbatasan tetap dilanjutkan.

Aher pun berharap, agar Pemkab Sumedang dibawah kendali Eka Setiawan bisa meningkatkan cakupan panjang jalan dalam kondisi baik yang dikatakannya sekarang baru mencapai 47.08 persen.

“Melalui infrastruktur baik, diharapkantercipta pertumbuhan ekonomi yang lebih akseleratf dan berkualitas dalam menuntaskan kemiskinan,” katanya.

Diharapkan, kata dia, Pemkab Sumedang untuk memperkuat sektoir pertanian yang sesuai catatan pada tahun 2014 Sumedang telah memberikan kontribusi sekira 21.71 persen terhadp PDLB Sumedang.

Bahkan, kata dia, agar terus meningkatkan jaringan irigasi dan program pembangunan lainnya.

“Berbagi komuniti unggulan, misal sub sektor tanaman pangan harus terus diberikan sentuhan inovasi baik dari segi aspek produk dan kemasan promosi. Tujuannya, agar menjadi produk unggulan kompetitif bernilai tambah,” tuturnya. 

Pokuskan pengembangan pariwisata daerah melalui pemberdayaan masyarakat, kata dia, serta pokus penataan khususnya di Jatinangor.

“Jatinangor  belum meraih perhatian yang ekstra dan nantinya agar tertata sebagai kawasan pendidikan,” ujar Aher.

Dikakan, di kawasan Jatinangor  banyak kampus dan bisa  tertata dengan baik secara planologi.

“Semoga, Pemkab Sumedang bisa mengelola investasi secarta arif dan bijaksana serta selalu memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Pembangunan pun, kata dia, harus pokus memikirkan  kelestraian lingkungan.

Karena, kata dia, lingkungan telah memberikan suplay kebutuhan manusia.

Ia mengajak, masyarakat untuk ememlihara lingkungan  agar pangan sandang dan papan yang juga bermuara dari lingkungan bisa tetap terjaga.

Dalam kesempatan itu, Aher mengucapkan selamat kepada Eka Setiawan yang baru saja dilantik menjadi Bupati Sumedang sisa masa jabatan 2013 – 2018.

Menurutnya, pelantikan tersebut sudah merupakan  amanat surat Mendagri Nomor 131.32/4946/otda, Tanggal 1 juli 2016 seiring diterbitkannya keputusan Mendagri Nomor 131.32-5421 Tahun 2016 yang mengesahkan pemberhentian Eka Setiawan sebagai wakil dan mengangkat menjdi Bupati Sumedang sisa masa jabatan 2013 – 2018.

Saya selaku pribadi dan atas nama pemprov jabar 

Seusai dilantik,  Eka Setiawan mengatakan bahwa pengembangan khususnya di Jatinangr akanterus dikendalikan agar lebih cantik.

“Kedepannya, infrastruktur di Jatinangor pun segera untuk diperbaiki,” tuturnya kepada sejumlah wartawan.

Bahkan, ujar Eka, pengendalian serta pengawasan perijinan yang sesuai aturan pun akan dipertajam.  

Menurutnya, Sumedang memiliki aneka potensi karena berbatasan dengan Ibu Kota Provinsi.

Dikatakan, ke Sumedang cukup banyalk program pembangunan nasional.

Sehingga, kata dia, program tersebut akan digirng menjadi unggulan yang kompetitif. (Azis Abdullah / Kabar Priangan)***

Tue, 12 Jul 2016 @15:51



Source link

By | 2016-07-12T15:51:37+00:00 July 12th, 2016|Berita, Berita Jatinangor|0 Comments

Leave A Comment